Pages

Search This Blog

Tuesday, October 25, 2011

TEKA-TEKI : Pengembara

Ada Pengembara melanjutkan pejalanannya menuju Puncak Gunung Merapi, setelah 15 hari menempuh perjalanan akhirnya dijumpai sebuah desa dan mampirlah dia ke sebuah warung.

Ibu : Selamat siang tuan

Pengembara : Met siang bu, ini namanya desa apa ya?

Ibu : oh ini namanya desa Cullus
Pengembara : Maaf bu, saya mau tanya jalan menuju ke Puncak Merapi itu kemana ya?

Ibu : (sambil mendekati Pengembara) Begini tuan, dikampung sini itu orangnya memang aneh2, jadi tuan harus hati2 kalau bertanya.nanti di ujung jalan itu (sambil menunjuk) ada pertigaan ke kanan & kiri, nah dipertigaan itu ada Pos yang selalu dijaga oleh 2 orang bapak-bapak tua.Agan nanya aja kebapak2 itu, Ibu kurang tahu ke kanan atau kekirinya.

Pengembara : Owh Gitu yh bu?

Ibu : Tapi Tuan harus ingat bapak2 tua yang kembar itu sifatnya sangat berlawanan.

Pengembara : lho sifatnya berlawanan bagaimana maksudnya?

Ibu : Begini tuan, salah satu bapak itu kalau ngomong selalu jujur apa adanya.Dan satunya lagi ngomongnya selalu bohong.nah tuan nanti tanya saja kepada salah satu bapak-bapak tadi kemana jalan menuju puncak .. ke kiri apa ke kanan ?

Ibu : Tapi hati-hati tuan .. ada yang harus tuan ketahui dan ingat .. bahwa kedua bapak-bapak itu tidak mau ditanyai semua, maunya hanya salah satu saja & hanya mau menjawab sekali saja (satu pertanyaan). karena kalau ditanya 2 x mereka pasti marah.

Pengembara : Maaf bu, ibu tahu nggak bapak yang mana jujur & pembohong?”

Ibu : Waduh tuan, orang2 dikampung sini gak ada yang tahu termasuk saya, maaf ya?
Pengembara : Baiklah bu akan saya coba untuk menanyakan kepada salah satu Bapak2 yang dipertigaan itu. hanya sekali pertanyaan yh ibu?. terimakasih ya bu ?(sambil pamit)

Ibu : ya hati2 ya tuan!



Nah, sekarang Pertanyaannya...
Apakah yang harus disampaikan oleh sang pengembara, agar dengan sekali bertanya kepada salah satu bapak yang di pertigaan itu, jawabannya nanti bisa membuat sang pengembara tahu arah ke puncak gunung yang benar? Kira2 pertanyaannya gimana?

Catatan : Inget, cuma 1 pertanyaan dan cuma boleh nanya ke salah satu bapak2 itu..



0 comments:

Total Pageviews