Pages

Search This Blog

Loading...

Tuesday, October 25, 2011

TEKA-TEKI : Indahnya Angka-angka Matematika

Silahkan Simak dan Perhatikan......

1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
123456789 x 9 +10= 1111111111

0 x 9 + 0 = 0
1 x 9 + 1 = 10
12 x 9 + 2 = 110
123 x 9 + 3 = 1110
1234 x 9 + 4 = 11110
12345 x 9 + 5 = 111110
123456 x 9 + 6 = 1111110
1234567 x 9 + 7 = 11111110
12345678 x 9 + 8 = 111111110
123456789 x 9 + 9 = 1111111110

9 x 9 + 7 = 88
98 x 9 + 6 = 888
987 x 9 + 5 = 8888
9876 x 9 + 4 = 88888
98765 x 9 + 3 = 888888
987654 x 9 + 2 = 8888888
9876543 x 9 + 1 = 88888888
98765432 x 9 + 0 = 888888888

12345679 x 9   = 111.111.111
12345679 x 18 = 222.222.222
12345679 x 27 = 333.333.333
12345679 x 36 = 444.444.444
12345679 x 45 = 555.555.555
12345679 x 54 = 666.666.666
12345679 x 63 = 777.777.777
12345679 x 72 = 888.888.888
12345679 x 81 = 999.999.999

987654321 x 9   = 8.888.888.889
987654321 x 18 = 17.777.777.778
987654321 x 27 = 26.666.666.667
987654321 x 36 = 35.555.555.556
987654321 x 45 = 44.444.444.445
987654321 x 54 = 53.333.333.334
987654321 x 63 = 62.222.222.223
987654321 x 72 = 71.111.111.112
987654321 x 81 = 80.000.000.001

1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 = 21
1 + 2 + 3 + …….+ 66 = 2211
1 + 2 + 3 + …….+ 666 = 222111
1 + 2 + 3 + …….+ 6666 = 22221111
1 + 2 + 3 + …….+ 66666 = 2222211111
1 + 2 + 3 + …….+ 666666 = 222222111111

1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321

1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 12345678987654321

1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321

1 x 18 + 1 = 19
12 x 18 + 2 = 218
123 x 18 + 3 = 2217
1234 x 18 + 4 = 22216
12345 x 18 + 5 = 222215
123456 x 18 + 6 = 2222214
1234567 x 18 + 7 = 22222213
12345678 x 18 + 8 = 222222212
123456789 x 18 + 9 = 2222222211

123456789 + 987654321 = 1111111110
1 x 142857 = 142857 (angka sama)
2 x 142857 = 285714 (angka sama beda urutan )
3 x 142857 = 428571 (angka sama beda urutan)
4 x 142857 = 571428 (angka sama beda urutan)
5 x 142857 = 714285 (angka sama beda urutan)
6 x 142857 = 857142 (angka sama beda urutan)
7 x 142857 = 999999 (waw......suatu hasil yang Fantastis)

Yang Terakhir :
123+45-67+8-9 =100
123+4-5+67-89 =100
123+4x5-6x7+8-9 =100
123-45-67+89 =100
123-4-5-6-7+8-9 =100
12+34+5x6+7+8+9 =100
12+34-5+6x7+8+9 =100
12+34-5-6+7x8+9 =100
12+34-5-6-7+8x9 =100
12+3+4+5-6-7+89 =100
 
" Di dalam hidup ini, 
ada banyak jalan untuk menuju kesempurnaan. 
Semuanya tak bisa diraih dengan mudah, 
diperlukan suatu proses yang sangat sulit untuk mencapainya.
Jadi Tetap Semangat....! "

TEKA-TEKI : Menebak Angka disecarik kertas tanpa Melihat isinya

Oke gan Kelincihilang ni! Sulap Matematika kali ini beda gan, lebih banyak korbannya, lebih Seru n lebih Puas pamernya.Dalam permainan ini kita akan mengajak empat teman kita untuk ikut bermain. Misalkan Ane anggap nmanya si A B C D.

Oke kita Mulai....!

Pertama Ane akan menyuruh A untuk menulis di selembar kertas tiga digit bilangan dan menggandakan bilangan tersebut menjadi enam digit. Contoh: 369.369.

Bilangan tersebut tidak boleh diperlihatkan kepada Ane......

Setelah itu lembar kertas tersebut diberikan kepada si B, lalu B Ane perintahkan untuk membagi bilangan tersebut dengan 7. Ane katakan tidak usah khawatir hasil pembagian tersebut akan bersisa, karena ane dh ngsh mantra supaya ga bersisa dan hasil yang diperoleh adalah 369.369:7 = 52767 yang merupakan bilangan bulat.

Hasil tersebut diberikan kepada C, yang Ane perintahkan untuk membagi bilangan tersebut dengan angka 11. Kembali Ane katakan bahwa mantranya msh da jadi hasil dari pembagian tersebut tidak akan bersisa, hasilnya adalah 52767:11 = 4797.

Hasil ini diberikan lagi kepada D untuk dibagi dengan 13. Sekali lagi Ane katakan kepada D untuk tidak perlu khawatir karena Mantra ni adil,jadi pembagian ni jg tidak akan bersisa dan ternyata sekali lagi Ane benar, hasilnya adalah 4997:13 = 369.

Nah Terakhir,Ane minta (masih kepada D) hasil terakhir ntu (369) ditulis yg gede dibawah itungan ntu.Hasil tersebut ane perintahkan untuk dilipat dan diberikan kepada ane, lalu tanpa Ane melihat isinya ane akan memberikan kepada A dengan sebelumnya ane baca2 dulu mantra dikertas tersebut dan Ane katakan, "Apakah ini tiga digit bilangan yang pertama kamu tuliskan (Kepada Si A)?"

Ketika si A melihat isinya Mungkin si A (B C D juga) akan berdecak kagum akan permainan yang Ane berikan ini, bagaimana ane bisa memberikannya suatu hasil yang memang betul merupakan tiga digit bilangan yang ditulisnya. Lalu apakah Ane seorang peramal yang bisa membaca atau menebak pikiran A atau karena mantra2 tadi yg ampuh?

Nah, bisakah agan menjabarkannya......?


TEKA-TEKI : Sulap Matematika

Kali ini saya mau ngasoh sedikit Permainan Matematika, Semoga Suka n Simak gan satu2 :

1. PERMAINAN ANGKA
a) Mintalah sesorang untuk menuliskan sembarang bilangan yang terdiri
dari tiga angka, dan angka-angka ini makin ke belakang makin mengecil.
b) Baliklah dan kurangkan
c) Baliklah hasilnya dan jumlahkan
d) Hasilnya akan selalu 1089

Contoh:
a) Tulis bilangan: 762
b) Dibalik 267
c) Dikurangkan 762-267=495
d) Dibalik 594
e) Dijumlah 495+594= 1089 (Terbukti)


2. MENGETAHUI BILANGAN YANG DIPIKIRKAN
1. Pikirkan sembarang bilangan yang terdiri dari tiga angka tetapi angka-angka tersebut tidak boleh sama
2. Lipat duakalikan dan tambahlah dengan 4
3. Kalikan dengan 5 dan tambahlah dengan 12
4. kalikan dengan 10 dan kurangi dengan 320
5. Hilangkan dua angka yang dibelakang, maka sisanya adalah bilangan yang tadi dipikirkan

Contoh:
Misal bilangan yang dipikirkan adalah 123
1. Lipat duakan dan tambahkan dengan 4
123 x2 + 4 = 250
2. kalikan dengan 5 dan tambah dengan 12
250 x 5 + 12= 1262
3. Kalikan dg 10 dan kurangi dg 320
1262×10 - 320 = 12.300
4. Hilangkan dua angka yang dibelakang shg sisanya bilangan yang
dipikirkan
12300 hilangkan dua angka belakang sehingga menjadi 123 (Terbukti)


3. MENGETAHUI EMPAT ANGKA TERAKHIR DARI NOMOR TELEPON
1. Tentukan 60
2. Bagilah dengan 2
3. Tambahlah dengan empat angka terakhir dari nomor telponmu
4. Kurangi dengan 25
5. Kalikan dengan 3
6. Kurangi dengan 15
7. Kalikan dengan 2
8. Bagilah dengan 6
9. Hasilnya adalah empat angka terakhir dari nomor telfonmu

Contoh:
Misal angka terakhir dari nomor telpunku 8546
1.tentukan 60
2.Bagilah dengan 2
60:2 = 30
3. Tambahlah dengan empat anka telpunmu
30+8546 =8576
4. Kuranglah dengan 25
8576 – 25 = 8551
5. Kalikan dengan 3
8551 x 3 = 25653
6. Kurangi dengan 15
25653-15 =25638
7. Kalikan dengan 2
25638 x 2 = 51276
8. Bagilah dengan 6
51276 : 6 = 8546 (Terbukti)

4. MENGETAHUI UMUR SESEORANG DAN NOMOR RUMAHNYA
1. Lipat duakan nomor rumahnya
2. Tambahlah dengan 5
3. Kalikan dengan 50
4. Tambahlah dengan umurnya
5. Tambahlah dengan jumlah hari dalam tahun biasa ( 365 )
6. kurangi dengan 615
7. Angka di sebelah kanan menunjukkan umur orang dan angka di
sebelah kiri adalah nomor rumahnya
Contoh:
Misalkan umur seorang 46 dan nomor rumahnya 29
1. Lipat duakan nomor rumahnya
29 x 2 = 58
2. Tambahkan dengan 5
58 + 5 = 63
3. Kalikan dengan 50
63 x 50 = 3150
4. Tambahkan dengan umurnya
3150 + 46 = 3196
5. Tambahkan dengan jumlah hari dalam tahun
3196 + 365 = 3561
6. Kurangi dengan 615
3561 – 615 = 2946 (Terbukti)

5. Menebak Pikiran Part II
Pikirkan satu buah bilangan, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:
1. Kalikan 2
2. Tambahkan 7
3. Kurangi 1
4. Bagi dengan 2
5. Kurangi dengan bilangan yang dpikirkan pas pertama
(Rahasianya:HASILNYA AKAN SELALU 3)

Contoh :
Bilangan yg dipikirkan 15
1. 15x2=30
2. 30+7=37
3. 37-1=36
4. 36:2=18
5. 18-15=3 (Terbukti)


6. Mathemagics Dengan Akar Kuadrat
1. Beri si korban sebuah kalkulator dan suruh ia memikirkan angka berapapun, dan jangan sampai terlihat oleh agan,
2. Minta ia mengkuadratkan angka tersebut
3. Tambahkan dengan dua kali angka yang pertama dipikirkannya
4. Tambah 1
5. Suruh ia mencari akar kuadrat dari bilangan tersebut. Apabila hasilnya bilangan desimal, bulatkan ke bilangan bulat terdekat. (misal 25,33=>25)
6. Tambahkan hasilnya dengan 10 dan minta ia menyebutkan angka tersebut pada anda.
(Rahasianya:Untuk mengetahui angka yang pertama kali dipikirkannya, kurangi saja angka yang disebutkan oleh sang sukarelawan dengan 11)

Contoh:
1. Misalkan bilangan yg dipikirkan 5
2. 5x5=25
3. 25+10=35 (10=2x5)
4. 35+1=36
5. Akar kuadrat 36 adalah 6
6. 6+10=16
Maka 16-11=5 (Terbukti)

7. Merubah Bilangan jadi 9 tanpa melihat
Kita  : Hari ini Ane akan menghadiahi agan2 permainan sulap mengubah sembarang bilangan asli menjadi 9. Coba siapa bisa mengubah bilangan 20 menjadi 9 dengan menggunakan operasi matematika yaitu tambah, kurang, kali, bagi atau yang lain.
Siapa bisa............?

Orang 1            : Ane gan, 20 dibagi 2 dikurangi 1 menjadi 9.
Kita                  : Bagus, apa ada yang bisa dengan cara lain?
Orang 2 : Ane gan, 20 dikurangi 11 menjadi 9.
Kita                  : agan 2 juga benar, nah sekarang ane punya suatu bilangan yang tertulis dalam kertas ini (sebelumnya ane menyiapkan kertas dan menuliskan sebuah bilangan), tanpa melihat bilangan yang tertulis dalam amplop ini bisakah agan2 mengubahnya menjadi sembilan?
Oranag 1 dan 2 : (serentak) tidak bisa gan.
Kita                  : Baiklah, sekarang kita balik, siapkan selembar kertas dan tulis sebuah bilangan sesuka agan2, boleh bilangan kecil atau besar yang penting bilangan asli. Ingat pengertian bilangan dan angka berbeda, 75 adalah bilangan yang
terdiri dari dua angka yaitu angka 7 dan angka 5. 8 adalah bilangan yang terdiri dari satu angka yaitu 8. (masing-masing Agan menyiapkan selembar kertas dan menulis sebuah bilangan asli sesukanya)
Kita                : Coba ikuti perintah Ane berikut ini :
- kalikan bilangan yang agan tulis dengan 9. Hasilnya berupa sebuah bilangan asli juga, ada yang terdiri dari 1 angka, 2 angka, 3 angka, 4 angka dan seterusnya. Jika hasilnya bilangan yang lebih dari satu angka maka ikuti langkah berikut, jika hasilnya berupa bilangan yang terdiri dari satu angka maka agan harus berhenti.Paham gan?
Orang 1 dan 2 : Paham Gan!!!
Kita                 : Untuk yang masih terus, perhatikan bilangan terakhir yang agan peroleh. Jumlahkan angka-angka yang menyusun bilangan tersebut. Jika hasilnya bilangan yang lebih dari satu angka maka ikuti langkah berikut, jika hasilnya berupa bilangan yang terdiri dari satu angka maka agan harus berhenti. (Contoh 567=5+6+7=18=1+8=9)
Kita                 : Untuk yang masih terus lanjutkan terus sampai agan memperoleh bilangan yang terdiri dari satu angka.
Kita                 : Ane yakin bahwa semua Agan Kaskuser pasti berhenti menghitung pada saat bilangan terakhir adalah 9
Kita                 : Gimana Berhasilkan jadi 9?
Orang 1 dan 2 : Prok...prok...(Tepuk tangan berdecak kagum)
(Rahasianya : Hasil dari perkalian 9 dan penjumlahan dari angka2 dari hasil perkalian tersebut akan selalu menghasilkan 9)

Warning : Dicoba dulu yh gan,sebelum terjun kelapangan
Semoga Bermanfaat ...

TEKA-TEKI : Menebak Tanggal Lahir

> > > Bukan mistik or magic kok ...... ^_^
> > >
> > > Plz try this !
> > >
> > > Ambil Kalkulator atau sempoa ! ! !
> > >
> > > Ketik tanggal lahir anda (tanggalnya saja) kemudian :
> > > dikalikan 4,
> > >
> > > ditambah 13,
> > >
> > > dikalikan 25,
> > >
> > > dikurangi 200,
> > >
> > > ditambah Bulan lahir anda
> > >
> > > dikalikan 2,
> > >
> > > dikurangi 40,
> > >
> > > dikalikan 50,
> > >
> > > ditambah dua digit terakhir dari tahun lahir anda
> > >
> > > terakhir dikurangi 10.500

> > > hasilnya pasti buat agan2 heran,,,Koq bisa???

Penasaran Coba aja!!!
Udah dicoba..? Bagaimana hasilnya?



TEKA-TEKI : Pengembara

Ada Pengembara melanjutkan pejalanannya menuju Puncak Gunung Merapi, setelah 15 hari menempuh perjalanan akhirnya dijumpai sebuah desa dan mampirlah dia ke sebuah warung.

Ibu : Selamat siang tuan

Pengembara : Met siang bu, ini namanya desa apa ya?

Ibu : oh ini namanya desa Cullus
Pengembara : Maaf bu, saya mau tanya jalan menuju ke Puncak Merapi itu kemana ya?

Ibu : (sambil mendekati Pengembara) Begini tuan, dikampung sini itu orangnya memang aneh2, jadi tuan harus hati2 kalau bertanya.nanti di ujung jalan itu (sambil menunjuk) ada pertigaan ke kanan & kiri, nah dipertigaan itu ada Pos yang selalu dijaga oleh 2 orang bapak-bapak tua.Agan nanya aja kebapak2 itu, Ibu kurang tahu ke kanan atau kekirinya.

Pengembara : Owh Gitu yh bu?

Ibu : Tapi Tuan harus ingat bapak2 tua yang kembar itu sifatnya sangat berlawanan.

Pengembara : lho sifatnya berlawanan bagaimana maksudnya?

Ibu : Begini tuan, salah satu bapak itu kalau ngomong selalu jujur apa adanya.Dan satunya lagi ngomongnya selalu bohong.nah tuan nanti tanya saja kepada salah satu bapak-bapak tadi kemana jalan menuju puncak .. ke kiri apa ke kanan ?

Ibu : Tapi hati-hati tuan .. ada yang harus tuan ketahui dan ingat .. bahwa kedua bapak-bapak itu tidak mau ditanyai semua, maunya hanya salah satu saja & hanya mau menjawab sekali saja (satu pertanyaan). karena kalau ditanya 2 x mereka pasti marah.

Pengembara : Maaf bu, ibu tahu nggak bapak yang mana jujur & pembohong?”

Ibu : Waduh tuan, orang2 dikampung sini gak ada yang tahu termasuk saya, maaf ya?
Pengembara : Baiklah bu akan saya coba untuk menanyakan kepada salah satu Bapak2 yang dipertigaan itu. hanya sekali pertanyaan yh ibu?. terimakasih ya bu ?(sambil pamit)

Ibu : ya hati2 ya tuan!



Nah, sekarang Pertanyaannya...
Apakah yang harus disampaikan oleh sang pengembara, agar dengan sekali bertanya kepada salah satu bapak yang di pertigaan itu, jawabannya nanti bisa membuat sang pengembara tahu arah ke puncak gunung yang benar? Kira2 pertanyaannya gimana?

Catatan : Inget, cuma 1 pertanyaan dan cuma boleh nanya ke salah satu bapak2 itu..



TEKA-TEKI : Korek Api

5 segitiga

  tasks of match riddles

Pindahkan 4 korek untuk mendapatkan 5 segitiga solusi :




4 persegi
tasks of match riddles 
Pindahkan 4 korek untuk menjadi 4 persegi





Pencerminan
tasks of match riddles
Pindahkan 3 korek untuk mendapatkan pencerminannya






11 persegi
tasks of match riddles
Pindahkan 4 korek untuk menjadi 11 peregi






3 segi empat

tasks of match riddles
Pindahkan 3 korek untuk mendapatkan hasil 3 persegi, 3 belah ketupat, dan 3 jajar genjang

TEKA-TEKI : Matematika Logika 2

Perhatikan rangkaian bilangan ini :
1 =4,   2 =3,    3 =4,    5 =4,    6 =4,    7 =5,    8 =7,    9 =8,    10 =7, …

Berapakah..?
12 =…...? dan 15 =…....?


TEKA-TEKI : Matematika Menebak Tanggal Lahir

Menebak Tanggal Lahir Orang Lain
Caranya ;
1. Mintalah ia mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X 5)
2. Hasilnya lalu ditambahkan dengan 6
3. Kemudian hasilnya dikalikan dengan 4
4. Hasilnya lalu ditambahkan dengan 9
5. Kemudian kali dengan 5
6. Hasilnya tambahkan dengan bulan kelahirannya (Januari=1 , February=2, Maret =3, dst)
7. Mintalah ia menyebutkan hasil akhirnya. 8. Anda menyebutkan tanggal lahir dan bulan kelahirannya.
untitled

Kuncinya, Anda tinggal mengurangi hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci, yaitu 165 (hasil perhitungan – 165).
Dengan sedikit mimik muka dan menatap tajam mata teman Anda seolah-olah Anda membaca pikirannya, Anda dapat menyebutkan hasilnya dengan benar sesuai tanggal lahir teman anda.

Contoh: Tanggal lahir 10 Juli (Anda belum mengetahuinya) Yang dilakukan teman Anda ;
1) 10 x 5 = 50
2) 50 + 6 = 56
3) 56 x 4 = 224
4) 224 + 9 = 233
5) 233 x 5 = 1165
6) 1165 + 7 = 1172 (hasil inilah yang diminta oleh Anda untuk diberitahu) Sehingga dengan mengurangkan hasilnya dengan 165 akan didapat hasil = 1172 – 165 = 1007. 2 (dua) digit di depan merupakan tanggal lahir dan diikuti bulan lahir. Berarti dia dilahirkan tanggal 10 Juli.

Penting diketahui ; Ada tiga option yang harus dipilih:
1. Apabila teman anda cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya)
2. Apabila teman anda tidak cukup pandai dalam berhitung, maka suruhlah dia memegang kalkulator(untuk digunakan menghitung nanti tentunya)
3. Apabila teman anda tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator, jangan diteruskan permainan ini, soalnya nanti sia-sia saja (ya iya lah. Masa ya iya dong)

TEKA-TEKI : Matematika Permainan 23

Caranya:

1. Tulislah sebuah bilangan pada secarik kertas dan dilipat kecil,lalu letakkan kertas tersebut di depan Anda.
2. Mintalah seorang teman anda untuk berdiri saling membelakangi dengan anda
3. Kemudian mintalah dia menuliskan salah satu bilangan antara 50 – 100 pada secarik kertas.
4. Mintalah ia untuk menambahkan bilangan yang telah ditulisnya dengan 76.
5. Hasilnya kemudian dikurang 100
6. Kemudian ditambah 1.
7. Selanjutnya dikali negatif 1
8. Kemudian ditambah dengan angka yang dipilih diawal tadi.
9. Anda menyebutkan bahwa hasilnya ada pada kertas yang ada di depan Anda .
10. Ketika dibuka, ternyata bilangan yang Anda tuliskan sama persis dengan bilangan dari teman Anda.

Luar biasa bukan…..

TEKA-TEKI : Matematika Telepati

Dalam permainan ini kita akan mengajak lima orang audience untuk ikut bermain.
Caranya ;
1. Mintalah A untuk menulis di selembar kertas tiga digit bilangan. Misalnya 326
2. Bilangan tersebut tidak boleh diperlihatkan kepada Anda.
3. Bilangan yang ditulis tersebut diserahkan ke B yang Anda minta untuk menggandakan bilangan tersebut menjadi
enam digit. (menjadi 326.326)
4. telah itu lembar kertas tersebut diberikan kepada si B, lalu B Anda perintahkan untuk membagi bilangan tersebut
dengan 7.
5. Hasilnya lalu diberikan kepada C, kemudian Anda memintanya untuk membagi bilangan tersebut dengan angka 11.
6. Hasilnya diberikan lagi kepada D untuk dibagi dengan 13.
7. Hasil akhir tersebut Anda perintahkan untuk dilipat dan diberikan kepada Anda, lalu tanpa melihat isinya Anda
kemudian memberikannya kepada A dan katakan, “Apakah ini tiga digit bilangan yang pertama kamu tuliskan?”
Hasilnya tentu akan sama dengan apa yang pertama kali A tulis. Luar biasa…..

TEKA-TEKI : Matematika Menebak Nomor Sepatu dan Nomor Celana

Dalam permainan ini, kita akan menebak bilangan-bilangan yang dirahasiakan oleh teman kita, misalnya nomor sepatu dan nomor celana, nomor topi dan nomor baju, dan lain-lain.
Catatan ; bilangan merupakan bilangan puluhan


Caranya ;
1. Mintalah teman Anda untuk mengalikan angka yang dipikirannya dengan 2
2. Hasilnya tambahkan dengan 3
3. Hasilnya kalikan dengan 5
4. Hasilnya tambahkan dengan 4
5. Hasilnya kalikan dengan 10
6. Hasilnya tambahkan dengan bilangan kedua yang dirahasiakan tadi.
Terakhir suruh teman kita untuk memberitahukan hasil perhitungannya.
Dengan sedikit mengerutkan kening Anda kemudian dapat menebak bilangan yang dipikirkannya tadi.

Kuncinya ;
Kurangi bilangan yang disebutkan pada langkah terakhir dengan 190.
Jika setelah dikurangi 190 hasilnya adalah abcd maka bilangan yang dirahasiakan tadi adalah ab dan cd.
Jika setelah dikurangi 190 hasilnya adalah abc maka bilangan yang dirahasiakan tadi adalah a dan bc.

TEKA-TEKI : Matematika Menebak Angka

Permainan ini memerlukan media kartu yang telah berisi angka-angka. Dengan berperan sebagai seseorang yang bisa menerima telepati dari orang lain, Anda akan menunjukkan kekuatan pikiran Anda.

Caranya:
1. Mintalah teman Anda memikirkan sebuah bilangan antara 1 dan 63.
2. Kemudian tunjukkan 6 (enam) buah kartu ini kepadanya dan tanyakan apakah angka yang dipikirkannya terdapat pada kartu yang Anda tunjukkan satu persatu?
3. Apabila ada, harap diingat baik-baik kartu yang disebutkannya mengandung angka yang dipikirkan teman Anda.
4. Setelah kartu terakhir ditunjukkan,Anda dapat mengetahui bilangan yang dipikirkan teman Anda
Kartu-kartunya adalah ;
untitled11 

Simulasi:
Teman Anda misalkan memikirkan angka 24.
Tentunya ketika Anda menunjukkan kartu 1-6 satu persatu, ia akan menyatakan bahwa angka yang dipikirkannya ada pada kartu no. 4 dan 5, sedangkan pada kartu yang lain tidak ada. Dari pernyataannya tersebut, kita sudah tahu bahwa angka yang ada dipikirannya adalah 24.
Kuncinya;
Kuncinya adalah angka pertama pada kartu.
Contoh apabila dikatakan bahwa angka yang ada dipikirannya teman Anda hanya ada pada kartu no.4 dan 5. Maka pada kartu tersebut angka awalnya adalah 8 dan 16. Sehingga apabila dijumlah = 24 yang merupakan angka dari pikiran teman Anda.

TEKA-TEKI : Albert Einstein

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda.
Setiap rumah dihuni satu orang pria dgn kebangsaan yang berbeda-beda.
Setiap penghuni menyukai satu jenis minuman tertentu, merokok satu merek tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.
Tidak ada satupun dari kelima orang tersebut yang minum minuman yang sama, merokok merek rokok yang sama dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

PERTANYAANNYA : SIAPAKAH YANG MEMELIHARA IKAN.... ?

Petunjuk :
- Orang Inggris tinggal dirumah yang berwarna Merah.
- Orang Swedia memelihara Anjing.
- Orang Denmark senang minum Teh.
- Rumah berwarna hijau terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna putih.
- Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.
- Orang yang merokok Pall Mall memelihara burung.
- Penghuni rumah yang ditengah2 senag minum susu.
- Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.
- Orang Norwegia tinggal dirumah paling pertama.
- Orang yg merokok Marlboro tinggal disebelah orang yg memelihara kucing.
- Orang yang memelihara kuda tinggal disebelah orang yang merokok Dunhill.
- Orang yang merokok Winfield senang minum bir.
- Disebelah rumah berwarna bi! ru tinggal orang norwegia.
- Orang Jerman merokok Rothmans.
- Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Albert Einstein menyusun teka-teki ini pada abad yang lalu.
Dia menyatakan 98 % penduduk didunia tidak mampu memecahkan teka-teki ini.
Apakah anda termasuk yang 2% ?
Selamat mencoba !!!


TEKA-TEKI : Matematika Jumlah Kaki

Saya memiliki file Excel yang ber-password.
Nah untuk membukanya anda harus menjawab pertanyaan dibawah ini.
Jawaban tersebut merupakan password untuk membuka file excel ini.

Petunjuknya adalah:


Dalam sebuah bus ada 7 orang gadis
Tiap gadis membawa 7 Tas
Tiap Tas berisi 7 Ekor kucing dewasa
Tiap Kucing dewasa menggendong 7 Anak Kucing
(Ingat!!!!!!!! Tiap kucing punya 4 kaki)



PERTANYAANNYA, BERAPAKAH JUMLAH KAKI DALAM BUS TERSEBUT..?

Perhatikan baik-baik petunjuknya, jangan sampai terjebak. Supir, kondektur, dan atau lain-lainnya yang tidak disebut tidak perlu dihitung. Cukup yang ada di petunjuk saja.
Ini hanya soal matematika sederhana, dan hanya merupakan permainan kata-kata. Sehingga logika berperan cukup lumayan disini.
Jika jawaban anda tepat, anda akan bisa membuka file excel ini. Tuliskan nama anda di file excel ini, save, dan sebarkan ke teman-teman anda. (Bukan spam atau hoax loh. Juga bukan Virus.. cuma permainan saja).
nb: memang tidak ada yang istimewa didalamnya, hanya untuk iseng-iseng saja. Lumayan untuk mengasah otak kembali.

Perhatian:
  • Jangan gunakan Password Cracker untuk membukanya!! Karena hal itu akan membuat percuma tujuan dari teka teki ini. Dan itu artinya anda tidak memiliki logika kuat untuk memecahkan masalah.
  • Jika mengetahui jawabannya, JANGAN POSTING JAWABAN ANDA DISINI. Cukup tulis nama anda di file excel tersebut, dan sebarkan ke teman-teman.
  • Ketika akan menyebarkannya kembali, pastikan file tersebut tetap berpassword. Dan JANGAN GANTI PASSWORDNYA!!
  • Untuk pengguna Openoffice (atau editor lainnya selain MS-Office), anda akan menjumpai masalah ketika anda akan menyimpannya kembali dengan keadaan tetap berpassword. Karena file ini masih dalam format MS.Office, bukan Open Document Format (ODF). Jadi pastikan ketika anda menyimpannya, password masih tetap ada. M$ Suck!!
Attachment File Excel:
DOWNLOAD

Link Mirror:
- Download 1
- Download 2

TEKA-TEKI : Matematika 2+2=5

Saya tidak menyangka kalo 2 + 2 = 5 ...
Itu bisa dibuktiin secara matematis...!
Selama ini kamu setuju kan kalo 2 + 2 itu sama dengan 4....?
Saya akhirnya nemuin rumus pembuktian untuk hal itu..!

Percaya ngak....?

Baca aja pelan-pelan dan jangan lupa corat-coret di kertas kalo emang penasaran.....!
  1. Pertama-tama
    Pikirkan angka a. Angka apa aja.
  2. Sekarang bikin angka b.
  3. Angka a harus sama dengan b. Catet tuh: a = b
  4. a*a = b*a. Ya kan? Angkanya sama loh.
  5. Karena angka itu sama di kedua sisi, boleh kan gue kasih sesuatu?
    Nih, a*a – b*b = b*a – b*b. Perhatikan - b*b yang sama di kedua sisi.
  6. Kalo difaktorkan, persamaan kita menjadi (a+b)*(a-b) = b(a-b).
  7. Dari persamaan tersebut, kita bisa “mencoret” angka yang sama, yaitu (a-b), sehingga persamaannya menjadi: (a+b)*(a-b) = b(a-b).
  8. Setelah dicoret, hasilnya menjadi (a+b) = b
  9. Sekali lagi, jika gue kasih angka yang sama di kedua sisi, sama aja kan? Nih dia, (a+b) +3 = b + 3
  10. Sekarang misalnya kita menganggap kalo a = 1. Catet dulu tuh.
  11. Karena a = b , maka b = 1 juga kan?
  12. Masukkan angka itu ke persamaan no 9 –> (1+1) +3 = 1 + 3
  13. 5 = 4
NAH LO....!!  5 = 4 !!?
BERARTI 2 + 2 = 4.
KARENA 4 = 5 ,
MAKA TERBUKTILAH BAHWA 2 + 2 = 5 !!

…masih gak percaya? Berikan komentarmu......!

TEKA-TEKI : Matematika Jual Kambing

Seorang pemilik kambing ingin menjual kambingnya seharga Rp 75.000,00 melalui calo, kemudian si calo menawarkan kepada 3 orang pemuda, dan mereka tertarik untuk membeli kambingnya.

Supaya adil, berarti masing-masing pemuda membayar Rp 25.000.
Setelah deal jadilah kambing itu dibeli, dan si calo mendapat komisi Rp 5.000.
Oleh si calo, komisi itu dibagikan ke 3 pemuda yang membeli kambing tadi masing-masing Rp 1.000.

Sehingga ia hanya mendapat Rp 2.000.

Logikanya, pemuda tadi cuma membayar Rp 24.000 (karena yang Rp 1.000 nya dibalikin lagi). Sedangkan Rp 24.000 x 3 = Rp 72.000.
Jika ditambah uang yang di si calo, Rp 72.000 + Rp 2.000 = Rp 74.000.

PERTANYAANNYA, KEMANAKAH UANG YANG Rp.1000....?

Monday, October 24, 2011

TEKA-TEKI : Matematika Usia

Usia seorang ibu dua puluh satu tahun lebih tua dari pada anaknya.
Enam tahun mendatang usia ibu lima kali lipat usia anaknya.

Apa yang dilakukan ayahnya sekarang?


TEKA-TEKI : Matematika Uang Kembalian

Berikut ini satu contoh teka-teki yang sangat terkenal*. Sering dipakai oleh banyak orang untuk berteka-teki. Walaupun “angka-angka” dan konteks yang dipakai dalam teka-teki berikut ini seringkali berbeda, tetapi prinsip teka-tekinya tetaplah sama**.
Tiga sekawan masuk ke hotel untuk menginap. Kata petugas, harga sewa kamarnya Rp. 300.000. Masing-masing mengumpulkan uang Rp. 100.000 untuk membayarnya. Setelah ketiga orang tadi pergi menuju kamar, sang petugas sadar bahwa harga sewa kamarnya seharusnya cuma Rp. 250.000.
Kemudian sang petugas meminta Bel-boy untuk menyerahkan uang Rp. 50.000 kepada ketiga orang tadi. Karena uang Rp. 50.000 berbentuk pecahan Rp. 10.000, si Bel-boy hanya menyerahkan uang kepada ketiga orang tadi sebesar Rp. 30.000, sedangkan yang Rp. 20.000 disimpan untuknya. Uang yang Rp. 30.000 tersebut dibagi-bagi ke tiga orang tadi, masing-masing Rp. 10.000.
Sehingga, bila dihitung-hitung, masing-masing orang hanya membayar Rp. 90.000. Jadi, bertiga sebenarnya membayar 3 X Rp. 90.000 Rp 270.000. Bila ditambahkan ke uang Rp. 20.000 yang dipegang si Bel-boy, maka jumlahnya Rp. 290.000. Lantas yang Rp. 10.000 lagi ke mana?
Bagaimana, apakah Anda dapat memecahkan teka-teki tersebut? Bila belum, Anda boleh membaca pemecahannya seperti uraian berikut. Bila Anda dapat memecahkannya, saya ucapkan selamat atas keberhasilannya. Namun Anda pun boleh membandingkannya dengan cara pemecahan berikut ini.
Sebenarnya uang yang Rp. 10.000 tidak pergi ke mana-mana. Tidak hilang, tidak lenyap. Jumlah uang yang beredar di teka-teki tersebut tetap saja Rp 300.000. Tapi apa buktinya? Mari kita hitung perlahan-lahan.
Uang yang diterima petugas mula-mula Rp. 300.000 kemudian diserahkan ke Bel-boy Rp. 50.000 sehingga uang yang kini dipegang petugas Rp. 250.000.
Oleh Bel-boy, uang sebesar Rp. 50.000 cuma diserahkan sebesar Rp. 30.000 ke ketiga orang tadi. Sehingga si Bel-boy sekarang memegang Rp. 20.000.
Karena ketiga orang tersebut menerima kembali uang mereka sebesar Rp. 30.000 dan masing-masing orang kebagian Rp. 10.000, maka ini artinya mereka masing-masing mengeluarkan uang Rp. 90.000. Karena ada tiga orang, ini artinya mereka bersama mengeluarkan 3 \times Rp. 90.000 = Rp. 270.000. Nah, jumlah uang ini sama dengan uang yang dipegang petugas (Rp. 250.000) ditambah uang yang sekarang dipegang Bel-boy (Rp. 20.000), yaitu Rp. 250.000 + Rp. 20.000= Rp. 270.000.
Nah, bila uang Rp. 270.000 itu kita tambah dengan uang yang diserahkan ke ketiga orang tadi, yaitu Rp. 30.000 maka jumlah uang yang beredar pada teka-teki tersebut adalah tetap, yaitu Rp. 300.000.
Walaupun teka-teki tersebut biasanya hanya untuk selingan ketika kita ngobrol dengan teman-teman, di warung kopi misalnya, tapi teka-teki semacam ini bisa bermanfaat bila diterapkan di dunia pendidikan kita. Setidaknya, bisa digunakan untuk memancing siswa agar tertarik pada pelajaran matematika atau bahasa.
Lantas, apa saja guna teka-teki tersebut bagi dunia pendidikan kita, bagi siswa-siswi kita di sekolah? Bila memang berguna bagaimana menyajikannya?
Menurut saya, teka-teki semacam ini, selain dapat digunakan sebagai selingan pada pelajaran matematika, juga dapat digunakan pada pelajaran bahasa. Kenapa? Karena dalam teka-teki ini kecermatan penggunaan kata dan kalimat sangat berperan dalam memahami dan menyelesaikan masalah pada teka-teki ini.
Dengan perkataan lain, teka-teki ini selain mengajari kelihaian bermatematika juga mengajari keterampilan “bersilat kata” dalam pelajaran bahasa. Jadi, untuk kasus teka-teki ini, terlihat jelas kaitan antara pelajaran matematika dan bahasa, yang sama-sama merupakan “sarana” untuk berfikir, bersilat “angka” dan bersilat “kata” dalam waktu yang nyaris bersamaan***.
Oh, iya. Bisa jadi teka-teki semacam ini dapat digunakan untuk menarik minat masyarakat pembaca yang katanya pusing bila berhadapan dengan “angka-angka biasa” dalam matematika, tapi tidak pusing bahkan senang bila berhadapan dengan “angka-angka” yang terkait dengan uang. Mungkin teka-teki semacam inilah yang bisa dijadikan contoh bagi macam pembaca tersebut. Semoga!
Oh, iya lagi. Untuk kali ini saya sengaja tidak menyajikan ide dan cara bagaimana teka-teki ini disajikan dengan menarik pada siswa-siswi di sekolah. Oleh karena itu, saya nantikan pendapat Anda sekalian, khususnya bapak atau ibu guru matematika atau bahasa. Sekali-kali boleh juga bukan? Saya undang Anda untuk menyumbangkan ide dan sarannya, di kolom komentar tentunya. Atas sumbangan ide dan sarannya saya ucapkan terimakasih.

TEKA-TEKI : Matematika Pencurian Matematis

Seorang pencuri yang tidak pernah belajar matematika, suatu hari melancarkan aksinya merampok sebuah toko perhiasan.
Sambil menodongkan senjata, ia memasuki toko itu dan berkata:
“Aku ingin uang yang ada dalam peti besi dikurangi yang ada dalam kas”.


“Itu jumlahnya 10 juta” kata pemilik toko.

Pencuri itu mengerutkan dahi.
“ Aku akan membawa semua uang di kedua tempat itu,”  kata si perampok.

Pemilik toko memberi perampok itu 7 juta, setengah dari jumlah yang diminta.

Pertanyaannya, Berapakah sebenarnya Uang yang ada dalam mesin kas?

TEKA-TEKI : Matematika Matematika untuk Hiburan

Seseorang menaruh sepasang kelinci yang semua sisinya dibatasi dinding. Berapa banyak pasang kelinci dapat dihasilkan dari pasangan tersebut dalam setahun jika diandaikan setiap bulan tiap pasangan beranak satu pasangan baru yang mulai produktif pada bulan ke dua dan seterusnya.

Tahukah Anda, permasalahan kelinci di atas telah mengilhami Fibonacci dalam menemukan “Deret Fibonacci” yang terkenal itu?
Leonardo Pisa alias Fibonacci lahir pada tahun 1175 M. Ia berperan penting dalam memperkenalkan angka India ke Eropa dari orang Arab selama kunjungannya ke Afrika. Fibonacci menjadi terkenal dengan penemuannya itu.
Berikut adalah teka-teki klasik yang pernah ada. Walaupun tergolong klasik, tetapi tetap menantang untuk dikerjakan. Kalaupun hanya untuk hiburan, bisa untuk menenangkan pikiran.
Seorang pria yang telah wafat, meninggalkan 17 ekor kuda untuk dibagikan kepada ahli warisnya dengan perbandingan 1/2: 1/3: 1/9. Bagimana hal itu dapat dilaksanakan?
Saya ingat betul, sewaktu SMP dulu guru saya pernah memberikan teka-teki ini, dan saya tidak bisa menjawabnya.
Di Eropa pada akhir abad ke-8, masalah menyeberangi sungai muncul pertama kali ke permukaan. Ditulis oleh Alcuin, seorang sarjana inggris, yang mencatat sebagai berikut:
Seseorang harus membawa seekor serigala, kambing, dan seikat kubis menyeberangi sebuah sungai. Satu-satunya perahu yang dapat ia temukan hanya dapat membawa dua dari antara mereka dalam sekali jalan. Tetapi ia diperintahkan untuk membawa semuanya ke seberang dalam kondisi baik. Bagaimana hal itu dapat dilakukan?
Ada juga teka-teki siput yang dikenal mula-mula di daerah Latin.
Seekor lintah mengundang seekor siput untuk pergi makan siang sejauh satu leuca (1 leuca=90.000 inchi). Tetapi ia hanya dapat berjalan satu inchi per hari. Berapa hari yang ia perlukan untuk berjalan mencari makan siangnya di rumah lintah?
Kelahiran yang sesungguhnya dari matematika, termasuk matematika untuk hiburan, mungkin dimulai sekitar 10.000 tahun yang lalu dengan lahirnya revolusi pertanian di lembah sungai mesopotamia. Dengan perkembangan kebudayaan pertanian, muncul maslah baru yang memerlukan ramalan musim yang akurat dan teknik penelitian yang lebih baik. Hal ini memberi peningkatan terhadap perkembangan penelitian stronomi dan geometri. Meski tidak dikenal contoh pmikiran matematis pada periode ini, ada bukti munculnya sistem menghitung yang dapat diandalkan. Sekitar 8000 SM, di Timur Dekat dan Timur Tengah terdapat alat mengitung yang menggunakan prinsip sipoa.
Di zaman Neolotik, dijumpai perkembangan matematika dalam bentuk bilangan tertulis. Contoh yang dikenal paling awal adalah tongkat kebesaran untuk upacara dari Raja Mesir, Menes, yang hidup sekitar 3000 SM. Satu tongkat kebesaran menuntut penangkapan 400.000 lembu jantan, 1.422.000 kambing, dan 120.000 tawanan, dicatat dalam bentuk angka berkode dan binatang yang digambarkan .Ttidak diceritakan apakah Menes menderita insomnia ataukah tidak, tapi kalau pun ya, mungkin keahlian menghitung-nya lah yang mengobatinya :) .
Periode Babilonia Kuno menghasilkan beberapa pemikiran aljabar. Kaum Babilonia menggunakan pena khusus (stylus) untuk menekan naskan yang berisi tulisan kuno mereka (berbentuk biji) ke dalam tablet (lembaran berisi tulisan) dari tanah liat halus, yang kemudian dijemur di bawah matahari untuk mengeringkannya. Tablet semacam itu, yang dikenal sebagai YBC 6967 memberi contoh awal pemecahan persamaan kuadrat.

TEKA-TEKI : Matematika Persegi Ajaib

“Disediakan 9 buah bilangan dari 1 sampai 9. Perintahnya adalah bagaimana menyimpan bilangan-bilangan itu pada kotak 9 kotak persegi (seperti pada gambar) sehingga jumlah sebuah masing-masing bilangan pada arah vertikal, horizontal, atau diagonal jumlahnya sama?”
Pernahkah Anda mendapatkan pertanyaan seperti permasalahan di atas?
Mungkin diantara Anda ada yang mengerjakannya dengan cara klasik dan manual, yaitu dengan mencoba bereksperimen memasukkan bilangan-bilangan itu kemudian mengecek apakah eksperimennya itu benar atau tidak, yakni menempatkan bilangan-bilangan itu pada urutan yang benar sehingga didapatkan hasil yang diinginkan.
Akan tetapi berapa lama Anda akan menghabiskan waktu untuk itu? Anda boleh menjawab pertanyaan saya ini jika Anda mencobanya. Catat waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan persoalan itu dengan cara di atas, dan tuliskan di bagian komentar tulisan ini.
Walaupun cara itu tidak salah (malah bagus untuk melatih kesabaran dan ketelitian :) ), tetapi mengetahui cara menyelesaikannya dengan sebuah trik, mungkin itu lebih bagus.
berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencari penyelesaiannya:
Penyelesaian:
Ini adalah kotak persegi yang akan kita isi bilangan dari 1 sampai 9.

Langkah 1
Pada setiap sisi persegi, buatlah kotak persegi pertolongan seperti gambar berikut:

Langkah 2
Isikan bilangan-bilangan tersebut secara berurutan menurut arah diagonal sebagai berikut:

Atau

Langkah 3
Tukarlah bilangan pada kotak pertolongan, bilangan yang ada di atas dengan yang ada di bawah, dan yang di samping kiri dengan yang di samping kanan. Isikan bilangan-bilangan hasil pertukaran itu, pada kotak kosong yang tersedia.

Sehingga diperoleh hasil akhir:

Sekarang coba kita periksa hasilnya:
2 + 7 + 6 = 15
2 + 9 + 4 = 15
9 + 5 + 1 = 15
2 + 5 + 8 = 15
dan seterusnya.
Ternyata semua bilangan pada baris, kolom dan diagonalnya memang menghasilkan bilangan yang sama, yaitu tiga kali bilangan yang terletak pada kotak bagian tengah (15).
Periksa juga kemungkinan lain (untuk kombinasi bilangan lain pada Langkah 2)!
Selain bentuk persegi 3 x 3 diatas, pola bilangan juga bisa ditemukan pada persegi ajaib 4 x 4.

Total Pageviews