Pages

Search This Blog

Sunday, November 6, 2011

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Pernahkah anda mendengar QR Code?
Atau sering melihat kode seperti diatas?
ya benar, itu namanya QR Code?

QR Code adalah suatu jenis matriks kode atau barcode dua dimensi yang dibuat dan dikembangkan oleh Denzo Wave yang pada waktu itu merupakan sebuah divisi Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota group. QR di sini merupakan kependekan dari quick response, sebuah harapan dari pembuatnya bahwa kode ini akan cepat di-decode. Awalnya, QR Code digunakan untuk mendata sparepart kendaraan dalam perusahaan, namun kini penggunaannya semakin meluas apalagi setelah spesifikasi QR Code dilepas ke publik.

Tidak seperti barcode yang hanya satu sisinya saja yang mengandung data, QR Code mempunyai dua sisi yang berisi data, dan ini membuat QR Code lebih banyak memuat informasi dibandingkan bar code. QR Code misalnya, dapat menampung informasi berupa URL suatu website yang nantinya dapat digunakan pada majalah, iklan, atau media lainnya, sehingga ketika seorang pengguna handphone berkamera dan mempunyai aplikasi pembaca QR Code dapat langsung men-scan dan masuk ke website yang dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya. Kegunaan lain misalnya QR Code digunakan untuk menyimpan data teks mengenai informasi produk atau hal lain, SMS, atau informasi kontak yang mengandung nama, nomor telepon, dan alamat.

Untuk dapat membaca QR Code dibutuhkan sebuah scanner, scaner yang saya maksud disini berupa aplikasi/software yang di install di HP. Dalam contoh ini saya menggunakan aplikasi dari Zxieng yang berbasis java 2 (J2ME) dan HP K610 yang tak modif jadi W660. Sebenarnya banyak aplikasi serupa di internet, tapi terkadang cuma demo/trial. Tetapi aplikasi dari zxing ini gratis.
kalau pengen langsung mendownload file .jar dan menyimpannya di komputer, anda tinggal klik Download ZXing Reader ( jad )

......... atau Silahkan Cari Jenis HP Anda di SINI

Untuk mendownloadnya silahkan buka alamat http://zxing.org/w/ dari HP yang ada Java 2 (J2ME) atau android. Jika sudah kemudian install dan jalankan.
Cara kerjanya simpel aja kok, yaitu memanfaatkan kamera yang terdapat pada HP untuk memotret/menscan QR Code, jika pengambilan gambar dalam jarak yg tepat, maka hasilnya akan tampak di layar.

Contoh jarak scan QR Code dari HP


Contoh Hasil Scan QR Code dari HP W660 gadungan

Dan Untuk Membikin Tulisan Tulisan seperti di bawah ini silahkan Kunjungi Link INI

Contoh :


0 comments:

Total Pageviews